WILIA, WILIA and Nurbaya, Nurbaya and Utami, Sri (2016) PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06111002025_0015085406_0006125804_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (689kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06111002025_0015085406_0006125804_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (199kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002025_0015085406_0006125804_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (199kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002025_0015085406_0006125804_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (378kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002025_0015085406_0006125804_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (168kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002025_0015085406_0006125804_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (170kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002025_0015085406_0006125804_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Student Teams Achievement Divisions (STAD) berpengaruh terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VII.1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa dan kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 20. Taraf signifikasi 95% (α = 0,05). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal menulis pantun kelompok kontrol 52,96 dan kelompok eksperimen 59,54. Nilai rata-rata tes akhir menulis pantun kelompok kontrol 69,68 dan kelompok eksperimen 88,39. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan pada kelompok eksperimen sebesar 28,85 poin. Hasil analisis data dengan uji-t membuktikan bahwa thit > ttab atau 4,733 > 1,674 dengan df = 54 pada tingkat signifikasi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada pengaruh siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka disimpulkan bahwa model student teams achievement divisions berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam menulis pantun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, model student teams achievement divisions (stad), menulis pantun. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 03:45 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 03:45 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18106 |
Actions (login required)
View Item |