PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DENGAN APLIKASI QUIZIZZ PAPERMODE PADA PEMBELAJARAN IPAS KEKAYAAN ALAM BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI TRANSABANGDEP

PURNAMASARI, ELZA PUTRI and Harini, Bunda (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DENGAN APLIKASI QUIZIZZ PAPERMODE PADA PEMBELAJARAN IPAS KEKAYAAN ALAM BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI TRANSABANGDEP. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06131382126061_Cover.jpg] Image
RAMA_86206_06131382126061_Cover.jpg - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (298kB)
[thumbnail of RAMA_86206_06131382126061.pdf] Text
RAMA_86206_06131382126061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131382126061_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86206_06131382126061_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131382126061_0013098902_01_ front_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131382126061_0013098902_01_ front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_86206_06131382126061_0013098902_02.pdf] Text
RAMA_86206_06131382126061_0013098902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131382126061_0013098902_03.pdf] Text
RAMA_86206_06131382126061_0013098902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131382126061_0013098902_04.pdf] Text
RAMA_86206_06131382126061_0013098902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131382126061_0013098902_05.pdf] Text
RAMA_86206_06131382126061_0013098902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131382126061_0013098902_06_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131382126061_0013098902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131382126061_0013098902_07_Lampiran.pdf] Text
RAMA_86206_06131382126061_0013098902_07_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk instrumen penilaian berbasis aplikasi Quizizz PaperMode dalam pembelajaran IPAS pada materi kekayaan alam, yang diperuntukkan bagi siswa kelas IV SD Negeri Transabangdep. Pengembangan instrumen ini mengacu pada model pengembangan 3D, yang terdiri dari tiga tahap utama, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Development (pengembangan). Setiap tahap dilaksanakan secara sistematis untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan relevan, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Untuk menilai kelayakan produk, dilakukan proses validasi oleh empat orang validator, yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 91,6%, yang termasuk dalam kategori sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Setelah validasi, dilakukan juga uji kepraktisan melalui penyebaran angket kepada 20 siswa kelas IV A. Berdasarkan hasil angket tersebut, diperoleh total skor 189 dari maksimal 200 poin, yang menunjukkan rata-rata tingkat kepraktisan sebesar 94,5%. Hasil ini mengindikasikan bahwa produk sangat mudah digunakan dan diterima oleh peserta didik. Berdasarkan hasil validasi dan uji kepraktisan tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian menggunakan Quizizz PaperMode pada pembelajaran IPAS materi kekayaan alam sangat layak dan praktis digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Instrumen Penilaian, Aplikasi Quizizz Papermode
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Elza Putri Purnamasari
Date Deposited: 29 Jul 2025 03:43
Last Modified: 29 Jul 2025 03:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/181270

Actions (login required)

View Item View Item