PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG

PARHUSIP, FRISKA DAMAIYANTI and Koryati, Dewi (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87203_06031381924057_cover.jpg] Image
RAMA_87203_06031381924057_cover.jpg - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (160kB)
[thumbnail of RAMA_87203_06031381924036.pdf] Text
RAMA_87203_06031381924036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[thumbnail of RAMA_87203_06031381924036_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_87203_06031381924036_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381924036_0026058403_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_87203_06031381924036_0026058403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (674kB)
[thumbnail of RAMA_87203_06031381924036_0026058403_02.pdf] Text
RAMA_87203_06031381924036_0026058403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381924036_0026058403_03.pdf] Text
RAMA_87203_06031381924036_0026058403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381924036_0026058403_04.pdf] Text
RAMA_87203_06031381924036_0026058403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (897kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381924036_0026058403_05.pdf] Text
RAMA_87203_06031381924036_0026058403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381924036_0026058403_06_ref.pdf] Text
RAMA_87203_06031381924036_0026058403_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031381924036_0026058403_07_lamp.pdf] Text
RAMA_87203_06031381924036_0026058403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak dari penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here terhadap tingkat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah 118 orang, dengan teknik pemilihan sampel berupa cluster random sampling yang menghasilkan satu kelas eksperimen sebanyak 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar sebelum dan sesudah perlakuan, sedangkan observasi digunakan untuk mengamati pelaksanaan pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi Everyone is a Teacher Here memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar, yang dibuktikan dengan hasil uji-t sebesar thitung = 46,86 lebih besar dari ttabel = 1,699 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, hipotesis diterima bahwa strategi pembelajaran aktif Everyone is a Teacher Here berkontribusi positif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Diharapkan strategi ini dapat diadopsi oleh pendidik dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, partisipatif, dan bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Everyone is a Teacher Here, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC65-67.68 Economic aspects of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Friska Damaiyanti Parhusip
Date Deposited: 31 Jul 2025 07:13
Last Modified: 31 Jul 2025 07:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/181706

Actions (login required)

View Item View Item