Pengembangan Customer Relationship Management Untuk Toko Tradisional Menggunakan CRM-IRIS Methodology

Nugroho, Ahmad Bagus and Firdaus, Firdaus and Novianti, Hardini (2014) Pengembangan Customer Relationship Management Untuk Toko Tradisional Menggunakan CRM-IRIS Methodology. In: Seminar Nasional Sistem Komputer dan Informatika (SNSKI) 2014, 24 November 2014, Padang, Indonesia.

[img]
Preview
Text
144_-_153_SNSKI14-049-Firdaus.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Banyaknya pasar modern dan konsep ?toko online? yang muncul membuat toko tradisional harus bersaing dengan mereka. Pasar harus diartikan sebagai tempat bertemu dengan pelanggan melalui berbagai cara sehingga pelanggan merasa dimudahkan dalam pelayanan. Manajemen hubungan pelanggan adalah salah satu cara untuk mengatur bagaimana cara melayani pelanggan sebagai objek utama. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem manajemen hubungan pelanggan untuk toko tradisional dengan menggunakan metodologi CRM-IRIS karena metode tersebut merupakan metode pengembangan sistem yang fokus pada sistem manajemen hubungan pelanggan. Dari hasil penelitian didapat bahwa pengelolaan data pelanggan menjadi yang terpenting dalam kegiatan pemasaran, penjualan, dan layanan purnajual bagi toko tradisional ditambah dengan penggunaan teknologi pesan singkat, internet, dan telepon sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7885-7895 Computer engineering. Computer hardware
Divisions: Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Mr Firdaus Firdaus
Date Deposited: 25 Nov 2019 06:55
Last Modified: 25 Nov 2019 06:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18194

Actions (login required)

View Item View Item