SETIAWAN, ARI and Kadarsa, Edi and Agustien, Melawaty (2025) EVALUASI PENANGANAN JALAN BERDASARKAN PENILAIAN FUNGSIONALDAN STRUKTURAL (STUDI KASUS : RUAS JALAN BETUNG – BATAS KOTA SEKAYU). Masters thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Image
RAMA_22101_03022622327012_COVER.jpeg - Cover Image Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (182kB) | Preview |
|
Text
RAMA_22101_03022622327012.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
|
|
Text
RAMA_22101_03022622327012_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (23MB) | Request a copy |
|
|
Text
RAMA_22101_03022622327012_00203117301_0015087403_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
|
Text
RAMA_22101_03022622327012_00203117301_0015087403_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text
RAMA_22101_03022622327012_00203117301_0015087403_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (465kB) | Request a copy |
|
|
Text
RAMA_22101_03022622327012_00203117301_0015087403_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
RAMA_22101_03022622327012_00203117301_0015087403_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (287kB) | Request a copy |
|
|
Text
RAMA_22101_03022622327012_00203117301_0015087403_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (219kB) | Request a copy |
|
|
Text
RAMA_22101_03022622327012_00203117301_0015087403_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Dirjen Bina Marga membuat standar dokumen pengadaan pekerjaan preservasi jalan untuk pemaketan secara long segmen yang dikeluarkan pada tahun 2015. Ruas jalan Betung - Batas Kota Sekayu menjadi salah satu ruas jalan nasional yang mendapatkan anggaran dalam merencanakan program perencanaan teknis preservasi jalan nasional. Pada tahun 2018 telah membuat rencana penanganan jalan berdasarkan nilai struktural, yaitu menganalsis data lendutan dengan metode AASTHO untuk menentukan tebal overlay. Hasil ini masih belum maksimal jika belum mengamati penilaian secara fungsional, karena saat ini jalan ini masih mengalami kerusakan dan lokasi kerusakannya sering terjadi pada lokasi yang sama. Sehingga penelitian ini melakukan langkah penentuan penanganan jalan berdasarkan nilai fungsional dan struktural dengan metode decesion tree, kemudian akan di evaluasi dengan perhitungan tebal lapis tambah berdasarkan metode Manual Desain. Dengan menganalisis tersebut diharapkan akan mendapatkan hasil yang lebih mendasari dalam pengamatan secara fungsional dan struktural untuk menentukan program penanganan jalan terutama pada sektor jalan nasional maupun jalan tol. Dari hasil penelitian ini, didapatkan hasil analisis decesion tree berdasarkan nilai fungsional menghasilkan penanganan rekontruksi yang dominan, sedangkan secara struktural dominan ke penanganan rutin. Tetapi setelah dilakukan evaluasi penanganan jalan berdasarkan nilai tebal perkerasan dengan metode MDP 2024, didapatkan hasil penanganan jalan pada ruas jalan Betung - Batas Kota Sekayu pada STA 25+000 sampai 30+000 yaitu penanganan rekontruksi sepanjang 3,0 Km, penanganan rehabilitasi sepanjang 1,8 Km, dan penanganan pemeliharaan rutin sepanjang 0,2 Km. Dengan hasil analisi ini menunjukkan bawah penanganan jalan pada ruas jalan tersebut mengalami kerusakan secara fungsional, karena hasil penanganan tersebut dominan dihasilkan dari analisis nilai fungsional.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Preservasi Jalan, Decesion Tree, Fugsional, Struktural, MDP 2024 |
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE323-328 Transportation geography. Trade routes T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE250-278.8 Pavements and paved roads |
| Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22101-Civil Engineering (S2) |
| Depositing User: | Ari Setiawan |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:35 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 03:35 |
| URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/182114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
