PENYELESAIAN SLIDING PUZZLE BERBASIS GAMBAR OTOMATIS DENGAN ALGORITMA A*

CRISTIANTO, RICO and Primanita, Anggina (2025) PENYELESAIAN SLIDING PUZZLE BERBASIS GAMBAR OTOMATIS DENGAN ALGORITMA A*. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_55201_09021182126021_cover.jpeg]
Preview
Image
RAMA_55201_09021182126021_cover.jpeg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_55201_09021182126021.pdf] Text
RAMA_55201_09021182126021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021182126021_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_55201_09021182126021_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021182126021_0206088901_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_55201_09021182126021_0206088901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (448kB)
[thumbnail of RAMA_55201_09021182126021_0206088901_02.pdf] Text
RAMA_55201_09021182126021_0206088901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021182126021_0206088901_03.pdf] Text
RAMA_55201_09021182126021_0206088901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021182126021_0206088901_04.pdf] Text
RAMA_55201_09021182126021_0206088901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021182126021_0206088901_05.pdf] Text
RAMA_55201_09021182126021_0206088901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021182126021_0206088901_06.pdf] Text
RAMA_55201_09021182126021_0206088901_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021182126021_0206088901_07_ref.pdf] Text
RAMA_55201_09021182126021_0206088901_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021182126021_0206088901_08_lamp.pdf] Text
RAMA_55201_09021182126021_0206088901_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (71kB) | Request a copy

Abstract

Sliding Puzzle merupakan salah satu jenis puzzle yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari dan termasuk dalam media gambar atau visual yang dapat meningkatkan daya ingat anak sejak dini. Untuk mendukung perkembangan teknologi ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penyelesaian Image Sliding Puzzle secara otomatis. Penelitian akan dilakukan menggunakan 360 data yang diperoleh berdasarkan konfigurasi puzzle dengan variasi ukuran scramble 15,30,45 dan 60. Algoritma A* diimplementasikan sebagai metode pencarian rute optimal dengan mengukur dua parameter utama yaitu total moves dan waktu eksekusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi tile kosong memiliki pengaruh signifikan terhadap efisiensi penyelesaian Image Sliding Puzzle. Grup tile dengan posisi “Center” (tile bernomor 5) sebagai tile kosong atau ruang gerak memberikan performa terbaik dengan rata-rata jumla gerak dan waktu yang sedikit dibandingkan grup tile lainnya yaitu “Plus Sign” (tile 2,4,6 dan 8) dan “Corner” (tile 1,3,7 dan 9). Sebaliknya, grup tile "Corner" menunjukkan performa paling lambat dalam menyelesaikan puzzle. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi tile kosong pada sliding puzzle berpengaruh secara signifikan pada efisiensi algoritma A* dalam mencari solusi optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Image Sliding Puzzle, Algoritma A Star, Pencaharian Rute, Puzzle Solver
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General)
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 55201-Informatics (S1)
Depositing User: Rico Cristianto
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:34
Last Modified: 04 Aug 2025 05:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/182153

Actions (login required)

View Item View Item