Adiya Pramesti, Ayu Putri and Chotimah, Umi (2025) Similarity result of_PERAN SEKOLAH DALAM MENGINTERNALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI LINGKUNGAN SMK AISYIYAH PALEMBANG. Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)
![]() |
Text
Similarity result of_PERAN SEKOLAH DALAM MENGINTERNALISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI LINGKUNGAN SMK AISYIYAH PALEMBANG.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya SMK Aisyiyah Palembang dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (PPP) melalui pendekatan pembelajaran dan budaya sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah mengintegrasikan nilai-nilai PPP seperti religiusitas, gotong royong, kemandirian, bernalar kritis, dan kreativitas dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, serta pembiasaan harian. Program-program seperti one day one juz, jumat bersih, pembelajaran kontekstual, dan keterlibatan siswa dalam organisasi menjadi media efektif dalam membentuk karakter peserta didik. Meskipun demikian, implementasi masih menghadapi kendala, seperti rendahnya partisipasi sebagian siswa dan kebutuhan akan inovasi program. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan implementasi PPP bergantung pada sinergi antara guru, peserta didik, dan pihak sekolah secara menyeluruh. Dengan pendekatan yang konsisten dan reflektif, sekolah dapat menjadi tempat strategis dalam membentuk karakter pelajar Indonesia yang berakhlak mulia, mandiri, dan berdaya saing global.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:16 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:16 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/182199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |