DAMAYANTI, AFINA and Nuzula, Khalidatun (2025) KAJIAN PSIKOLOGI DAN ETNOPEDAGOGI DALAM NOVEL TOTTO-CHAN: GADIS CILIK DI JENDELA KARYA TETSUKO KUROYANAGI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() ![]() Preview |
Image
RAMA_88201_06021282126048_cover.jpg - Cover Image Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (126kB) | Preview |
![]() |
Text
RAMA_88201_06021282126048.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_88201_06021282126048_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_88201_06021282126048_0023109403_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
RAMA_88201_06021282126048_0023109403_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_88201_06021282126048_0023109403_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_88201_06021282126048_0023109403_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (476kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_88201_06021282126048_0023109403_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (142kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_88201_06021282126048_0023109403_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_88201_06021282126048_0023109403_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji psikologi dan nilai-nilai etnopedagogi yang terkandung dalam novel Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi dan Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural yang difokuskan pada tokoh utama. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, simak, dan catat. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa tokoh utama, Totto-chan, menunjukkan dinamika struktur kepribadian berdasarkan teori psikoanalisis Freud, yaitu id, ego, dan superego. Dorongan id tampak melalui sikap hiperaktif dan imajinatif yang kuat, terutama sebelum memasuki Tomoe Gakuen. Seiring perkembangannya yang dipengaruhi oleh Kepala Sekolah, teman sebaya Totto-chan, Sang Mama, serta interaksi sosial dan pengalaman sehari-hari di Tomoe Gakuen, aspek ego mulai berperan dalam menyeimbangkan keinginan dan kenyataan, kemudian, aspek superego terlihat dari tumbuhnya sikap empati dan kepedulian terhadap lingkungan sosialnya. Hasil analisis ini mencerminkan bahwa terdapat kaitan antara dinamika kepribadian dan nilai etnopedagogi yang dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | psikoanalisis, etnopedagogi, tokoh totto-chan, pembelajaran bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Afina Damayanti |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 06:33 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 06:33 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/183797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |