PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN AKIBAT MENGGUNAKAN OBAT PEMUTIH WAJAH MELALUI IKLAN DI MEDIA SOSIAL

HELMY, MUHAMMAD and Yahanan, Annalisa and Ramadhan, Muhammad Syahri (2025) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN AKIBAT MENGGUNAKAN OBAT PEMUTIH WAJAH MELALUI IKLAN DI MEDIA SOSIAL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011282025214_cover.jpg] Image
RAMA_74201_02011282025214_cover.jpg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (194kB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025214.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025214.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025214_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025214_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (602kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_06_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011282025214_0025106204_0227039201_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pelaku usaha yang menjual produk dengan informasi yang tidak jelas harus bertanggungjawab atas kerugian konsumen. Sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen. Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan akibat menggunakan obat pemutih wajah melalui iklan di media sosial serta untuk mengetahui dan menganalisis pertanggungjawaban hukum pelaku usaha yang menimbulkan kerugian bagi konsumen dalam jual beli obat pemutih wajah melalui iklan di media sosial. Metode penelitian hukum normatif dilakukan baik meneliti bahan kepustakaan berupa peraturan perundang-undangan, literatur, dan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk memungkinkan konsumen menyelesaikan setiap permasalahannya, Undang-Undang perlindungan konsumen menyediakan beberapa alternatif pengadilan dan abitrase. Dengan adanya Undang-undang Perlindungan Konsumen maka sedikit banyak konsumen dapat terlindungi hak-haknya di media sosial, sebagaimana yang diatur tentang Perlindungan Konsumen merupakan salah satu upaya dari undang-undang ini untuk menjangkau perlindungan terhadap pelaku usaha yang mengiklankan produknya yang menyesatkan. Dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen menentukan bahwa pelindungan konsumen sebagai upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Kedepan perlu adanya penegakan hukum (law enforcement) yang lebih baik dalam rangka pemenuhan hak konsumen di bidang peredaran kosmetik. Pemerintah dan pelaku usaha harus memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada semua pihak. Perlu adanya sosialisasi dengan memberikan pendidikan kepada pelaku usaha untuk tidak mengedarkan produk kosmetik yang membahayakan konsumen. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Obat Pemutih Wajah, Iklan Media Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Obat Pemutih Wajah, Iklan Media Sosial.
Subjects: K Law > K Law (General) > K600-615 Private law
K Law > K Law (General) > K605-615 Unification
K Law > K Law (General) > K623-968 Civil law
K Law > K Law (General) > K625-709 Persons
K Law > K Law (General) > K670-709 Domestic relations. Family law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Muhammad Helmy
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:23
Last Modified: 24 Sep 2025 02:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/184750

Actions (login required)

View Item View Item