SUBRATA, MUHAMMAD HANIF and Lionardo, Andries and Murti, Krisna (2025) STRATEGI KOMUNIKASI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA PALEMBANG ILIR BARAT DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() |
Image
RAMA_70201_07031381823177_cover.jpeg - Cover Image Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (173kB) |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031381823177.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031381823177_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031381823177_0001057901_0025078807_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031381823177_0001057901_0025078807_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031381823177_0001057901_0025078807_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031381823177_0001057901_0025078807_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (596kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031381823177_0001057901_0025078807_06.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031381823177_0001057901_0025078807_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (322kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031381823177_0001057901_0025078807_07_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (128kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_70201_07031381823177_0001057901_0025078807_08_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (333kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul strategi komunikasi kantor pelayanan pajak pratama palembang ilir barat dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada tingkat penerimaan dan pelayanan pajak yang berada di Kota Palembang di Kecamatan Ilir Barat. Kepatuhan wajib pajak merupakan salah satu aspek penting dalam optimalisasi penerimaan negara dari sektor perpajakan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teori Dan O’Hair yang menyatakan bahwa strategi komunikasi berarti dapat memanfaatkan Tiga potensi, yaitu Pengenalan Situasional, Penentuan Tujuan, dan Komponena Komunikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi program strategi komunikasi berdasarkan Teori Dan’Ohair di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat terdapat beberapa aspek yang memiliki peran yang cukup signifikan dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak, yaitu penentuan target, dalam aspek penyampaian informasi, dan penentuan pesan dinilai tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kepatuhan. Hasil penelitian menyarankan agar Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palembang Ilir Barat dapat lebih berfokus pada pendekatan terhadap wajib pajak dan calon wajib pajak dengan memperhatikan aspek-aspek penting pada wajib pajak maupun calon wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, selain itu akan lebih baik apabila KPP Pratama Palembang Ilir Barat juga berupaya dalam melaksanakan kegiatan dan langkah yang memusatkan sikap kepedulian terhadap wajib pajak. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kantor Pelayanan Pajak, Kepatuhan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Kantor Pelayanan Pajak, Kepatuhan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1) |
Depositing User: | Muhammad Hanif Subrata |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 01:52 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 01:52 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/184792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |