PEMANFAATAN MATERIAL HASIL DAUR ULANG (RECYCLING) FLEXIBLE PAVEMENT CAMPURAN LASTON LAPIS PENGIKAT (AC-BC) MENGGUNAKAN METODE MARSHALL (STUDI KASUS PENINGKATAN JALAN GELUMBANG - TB. KELEKAR - PINANG BANJAR)

MUSLIHAN, PANJI and Astira, Imron Fikri (2014) PEMANFAATAN MATERIAL HASIL DAUR ULANG (RECYCLING) FLEXIBLE PAVEMENT CAMPURAN LASTON LAPIS PENGIKAT (AC-BC) MENGGUNAKAN METODE MARSHALL (STUDI KASUS PENINGKATAN JALAN GELUMBANG - TB. KELEKAR - PINANG BANJAR). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03091401086.pdf] Text
RAMA_22201_03091401086.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (54MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_01 front ref.pdf] Text
RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_01 front ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_02.pdf] Text
RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_03.pdf] Text
RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_04.pdf] Text
RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_05.pdf] Text
RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_06 ref.pdf] Text
RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_06 ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_07 lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03091401086_9990257108_0001128107_07 lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Daur ulang mempunyai pengertian sebagai proses menjadikan bahan bekas atau sampah menjadi menjadi bahan baru yang dapat digunakan kembali. Dengan proses daur ulang, sampah atau limbah dapat menjadi sesuatu yang berguna sehingga bermanfaat untuk mengurangi penggunaan bahan baku yang baru. Manfaat lainnya adalah menghemat energi, mengurangi polusi, mengurangi kerusakan lahan dan menjaga alam dari pada pada proses pembuat barang baru.. Daur ulang merupakan cara untuk merehabilitasi atau merekonstruksi dan meningkatkan perkerasan jalan dengan mengelolah kembali material perkerasan lama menjadi perkerasan baru yang lebih kuat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik dan kineija campuran lapis aspal beton Asphalt Conctere-Binder Course (AC-BC) dengan menggunakan material hasil daur ulang (recycling) dari limbah jalan sebagai bahan perkerasan jalan.serta untuk membandingkan nilai optimum dari campuran lapis aspal beton (AC-BC) yang menggunakan material hasil daur ulang (recycling) dari limbah jalan dengan data teknis proyek jalan tersebut. Hasil penelitian penelitian ini dengan peremaja oli baru menunjukan hasil stabilitas sebesar 1070,83kg nilai flaw sebesar 3,13mm dan nilai koefesien marshall sebesar 344,17kg/mm. Sedangkan hasil penelitian dengan peremaja oli bekas menunjukan hasil stabilitas sebesar 995,83kg nilai flow sebesar 3,97mm dan nilai koefesien marshall sebesar 251,07kg/mm. Hasil VTM dari oli bekas ternyata tidak memenuhi spesifikasi dimana nilai minimumnya 14% sedangkan nilai VIM oli bekas 12,71%. Dengan rendahnya nilai VIM dari oli bekas menunjukan bahwa oli bekas kurang baik untuk meremajakan aspal sedangkan oli baru menunjukan bahwa hasil yang baik dalam pengujian marshall.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Material, Metode Marshall, Flexible pavement, laston lapis pengikat
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA165 Engineering instruments, meters, etc. Industrial instrumentation
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Ichlasyah Aisyah
Date Deposited: 26 Sep 2025 04:32
Last Modified: 26 Sep 2025 04:32
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/184849

Actions (login required)

View Item View Item