PENGEMBANGAN PROGRAM PENANGANAN JALAN MENGGUNAKAN GIS DI PROVINSI SUMATERA SELATAN (Similiarity)

Pradity, Norca and Arliansyah, Joni and Buchari, Erika (2017) PENGEMBANGAN PROGRAM PENANGANAN JALAN MENGGUNAKAN GIS DI PROVINSI SUMATERA SELATAN (Similiarity). Proceeding Simposium UNIID.

[thumbnail of 25_PENGEMBANGAN_PROGRAM_PENANGANAN_JALAN_MENGGUNAKAN_.pdf]
Preview
Text
25_PENGEMBANGAN_PROGRAM_PENANGANAN_JALAN_MENGGUNAKAN_.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya setiap instansi pemerintahan yang melakukan pemeliharaan jalan nasional memiliki data jalan dan informasi. Keterbatasan secara teknis baik sarana maupun prasarana dan sumberdaya menimbulkan banyak kendala dalam mengoptimalkan pengelolaan data jalan nasional. Hal ini menyebabkan tidak tersedianya data yang terpadu, dapat dipakai bersama serta kurang mampunya sistim yang ada berkomunikasi secara universal. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan Pembuatan dan Pemanfaatan SIG untuk Sistim Informasi Data Jalan Nasional di Provinsi Sumatera Selatan. Pembuatan sistim ini berdasar pada data survey primer dan data survey sekunder. Metode analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi IRMS yang digunakan oleh instansi Kementerian PU PR dan aplikasi ArcGIS & webGIS.Hasil yang dicapai adalah terbangunnya sistem informasi pengelolaan jalan nasional di Provinsi Sumatera Selatan yang terdiri dari data inventarisasi jalan, kondisi jalan, tipe pemeliharaan dan biaya pemeliharaan jalan. Terjadi perbedaan nilai kondisi jalan berdasarkan IRI dan SDI. Penurunan kondisi kemantapan jalan tahun 2015 ke 2016 sebesar 0.53% berdasarkan nilai IRI dan nilai SDI sebesar 9,06%.Biaya pemeliharaan yang dianggarkan tidak sesuai dengan kebutuhan biaya pemeliharaan kondisi jalan, baik berdasarkan paramater nilai IRI ataupun SDI. Terjadi kenaikan kebutuhan biaya penanganan dari tahun 2015 ke tahun 2016 sebesar 323 Milyar berdasarkan nilai IRI dan nilai SDI 545 Milyar.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22101-Civil Engineering (S2)
03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Dr Joni Arliansyah
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:17
Last Modified: 06 Dec 2019 02:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18555

Actions (login required)

View Item View Item