PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI KELAS X SMA NEGERI 4 PAGARALAM

MUKHLISIN, MUKHLISIN and Andriani, Nely and Syuhendri, Syuhendri (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI KELAS X SMA NEGERI 4 PAGARALAM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_84203_06101011032_0024027406_0017116801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RAMA_84203_06101011032_0024027406_0017116801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06101011032_0024027406_0017116801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06101011032_0024027406_0017116801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06101011032_0024027406_0017116801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06101011032_0024027406_0017116801_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran eksperimen terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa pokok bahasan gerak lurus di kelas X SMA Negeri 4 Pagaralam. Penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagi kelas kontrol. Pada Proses Pembelajaran, kelas eksperimen diajarkan dengan metode eksperimen terbimbing dan kelas kontrol diajarkan dengan metode diskusi kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk hasil belajar dan lembar observasi untuk aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 0,63 dengan kategori sedang dan N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 0,44 dengan kategori sedang. Secara Statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 3,77 sedangkan ttabel =1,67 terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran eksperimen terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X SMA Negeri 4 Pagaralam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode eksperimen terbimbing, hasil belajar fisika, gerak lurus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Ms. Volunteer Duwy Agustinah
Date Deposited: 27 Nov 2019 07:11
Last Modified: 27 Nov 2019 07:11
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18581

Actions (login required)

View Item View Item