Wienty, Triyuly (2011) PENGGUNAAN METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN FINISHING BANGUNAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA TEKNIK ARSITEKTUR UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Tepat Guna Dalam Lingkungan Binaan : Inovasi Dalam Aplikasi dan Pembelajaran. pp. 1-13. ISSN 978-602-98397-2-2
Preview |
Text
makalah_wienty.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Teknologi Bangunan adalah salah satu mata kuliah pada Program Studi Teknik Arsitektur Universitas Sriwijaya yang membahas mengenai teknologi dan bahan bangunan yang dapat menunjang bangunan berfungsi secara maksimal. Proses belajar mengajar mengalami permasalahan karena media pembelajaran yang kurang memadai dan bahan kuliah yang belum sempurna sehingga pesan yang disampaikan oleh dosen tidak sampai kepada mahasiswa secara maksimal. Permasalahan ini kemudian dicoba untuk diatasi dengan melakukan perubahan cara penyampaian materi dengan menggunakan metode Jigsaw yang merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan mahasiswa secara individu maupun kelompok dengan sistem pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning). Metode Jigsaw berorientasi terhadap mahasiswa dengan memperhatikan dan mengaktifkan skemata atau latar belakang pengalaman mahasiswa sehingga mahasiswa dapat bekerja sama untuk mengolah informasi dan meningkatkan ketrampilan berkomunikasi. Tahapan pelaksanaan Metode Jigsaw yang dilakukan terhadap mahasiswa Program Studi Teknik Arsitektur Universitas Sriwijaya semester genap 2010-2011 adalah (1) Pembagian bahan kuliah menjadi 4 topik utama (teknologi finishing dinding, lantai, plafon dan atap), (2) Penjelasan dan kegiatan brainstorming mengenai topik utama untuk mengaktifkan skemata mahasiswa, (3) Pembagian mahasiswa dalam 4 kelompok dan memberikan tugas satu topik utama kepada setiap kelompok mahasiswa, (4) Mahasiswa dalam setiap kelompok mengerjakan topik utama secara bersama dalam satu kelompok, (5) Pembagian topik utama menjadi sub-sub topik untuk masing-masing mahasiswa dalam satu kelompok dengan sub topik yang berbeda antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain, (6) Setiap mahasiswa melakukan presentasi dalam kelompoknya, kemudian mahasiswa dalam setiap kelompok melakukan pembahasan dan menarik kesimpulan mengenai topik bahasannya, (7) Pembentukan kelompok baru dengan menggabungkan satu kelompok kecil dengan kelompok kecil lainnya sehingga terbentuk kelompok baru. Mahasiswa kemudian melakukan presentasi mengenai hasil pembahasan kelompoknya selama 10 menit sehingga mahasiswa bisa saling melengkapi dan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya, (8) Mahasiswa melakukan pembahasan 4 topik dalam kelompok barunya dan membuat suatu kesimpulan mengenai topik secara keseluruhan, (9) Kemudian setiap kelompok mahasiswa melakukan presentasi hasil pembahasannya di depan kelas dan dilanjutkan dengan tanya jawab. (10) Pada saat proses berlangsung, dosen dan tim mengamati dengan menggunakan lembar observasi dan dibantu dengan media dan alat lainnya, (11) Pada bagian akhir, dosen memberikan pemantapan dan evaluasi berupa kuis dan tugas sesuai dengan topik materi yang dibahas. Metode Jigsaw ini membutuhkan waktu yang cukup lama terutama untuk persiapan, pencarian data dan presentasi mahasiswa, sehingga kegiatan ini membutuhkan kerjasama antara dosen dan mahasiswa. Penerapan metode Jigsaw pada pemberian pokok bahasan teknologi finishing dinding, lantai, plafon dan atap dapat meningkatkan ketertarikan dan keingintahuan mahasiswa terhadap finishing dinding, lantai, plafon dan atap sehingga terjadi peningkatan penilaian dan kemampuan teknologi finishing bangunan bagi mahasiswa Teknik Arsitektur Universitas Sriwijaya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TH Building construction > TH1-9745 Building construction |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1) |
Depositing User: | ST,MT Wienty Triyuly |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 02:35 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 02:35 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18664 |
Actions (login required)
View Item |