Analisis Konsumsi Pangan Produk Pokok Beras Pada Golongan Pendapatan Rendah yang Berbeda di Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan

Hakim, Maryati Mustofa and Mulyana, Andy and Yamin, Muhammad and Marwa, Taufiq (2012) Analisis Konsumsi Pangan Produk Pokok Beras Pada Golongan Pendapatan Rendah yang Berbeda di Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan. Prosiding . MM Agribisnis FP UGM, Yogyakarta.

[thumbnail of Prosiding Penguatan Agribisnis Perberasan Guna Mewujudkan Kemandirian dan Kesejahteraan Petani]
Preview
Text (Prosiding Penguatan Agribisnis Perberasan Guna Mewujudkan Kemandirian dan Kesejahteraan Petani)
Prosiding_MM_Agribisnis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagai bahan pokok, hasil produksi padi (beras) merupakan kebutuhan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Komoditi beras dipandang sebagai komoditi yang strategis karena menyangkut berbagai aspek kehidupan bangsa, dimana ketersediaannya, distribusi serta tingkat harganya sangat berpengaruh terhadap stabilitas nasional. Keaadan tersebut tercermin dari berbagai intervensi kebijakan yang selama ini dikeluarkan pemerintah, seperti : subsidi sarana produksi, pentargetan luas tanam, serta kebijakan dasar gabah. Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2005/2006 terdiri dari 15 kabupaten/ kota. Salah satu daerah sentra produksi beras adalah Kabupaten OKU Timur yang merupakan lokasi yang diteliti. Tujuan penelitian ini adalah : 1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi pangan pokok beras penduduk pada golongan pendapatan yang berbeda di Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan; 2) menganalisis konsumsi pangan pokok beras rumah tangga di Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten OKU Timur, terdiri dari tiga desa yaitu : Martapura, Kurungan Nyawa, dan Sidorahayu. Data yang dikumpulkan terdiri data primer dan sekunder. Metode penarikan secara acak (simple random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi pangan pokok beras yang berpengaruh nyata adalah harga beras, harga barang substitusi, pendapatan, jumlah anggota keluarga, umur, jenis kelamin, dan jenis pekerjaan. Tingkat pendidikan tidak berpengaruh secara statistik. Konsumsi pangan pokok beras pada rumah tangga berpendapatan tinggi lebih rendah dari yang berpendapatan sedang dan rendah.

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
Divisions: 01-Faculty of Economics > 61201-Management (S1)
Depositing User: Taufiq Marwa
Date Deposited: 27 Nov 2019 07:13
Last Modified: 31 Aug 2021 04:45
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18688

Actions (login required)

View Item View Item