PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 25 INDRALAYA

KURNIATI, TRI and Maharani, Siti Dewi and Usman, Nuraini (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 25 INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_02. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_03. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_04. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_05. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (58kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013011_0015126004_0008025702_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Pop Up Book terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SD Negeri 25 Indralaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 25 Indralaya sebagai kelas penelitian yang terdiri dari 20 siswa. Pada kelas penelitian diberikan perlakuan yaitu dengan meggunakan media Pop Up Book pada pembelajaran IPS. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Oleh karena itu hipotesis penelitian diuji menggunakan uji . Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji diperoleh = 16,483 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh = 2,093 sehingga terlihat bahwa = 16,483 > = 2,093. Oleh karena itu, ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 25 Indralaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media Pop Up Book, hasil belajar IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:04
Last Modified: 27 Nov 2019 03:04
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18708

Actions (login required)

View Item View Item