PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 25 INDRALAYA

SUHARTATI, SUHARTATI and Maharani, Siti Dewi and Usman, Nuraini (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 25 INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_02_.pdf] Text
RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_02_.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_03_.pdf] Text
RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_03_.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_04_.pdf] Text
RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_04_.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_05_.pdf] Text
RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_05_.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_06_ref_.pdf] Text
RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_06_ref_.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_07_lamp_.pdf] Text
RAMA_86206_06121013038 _0008025702_0015126004_07_lamp_.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model Kooperatif Tipe Tari Bambu terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 25 Indralaya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SD Negeri 25 Indralaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri 25 Indralaya sebagai kelas penelitian yang terdiri dari 21 siswa. Pada kelas penelitian diberikan perlakuan yaitu dengan menerapkan model Tari Bambu pada pembelajaran IPS. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Oleh karena itu hipotesis penelitian diuji menggunakan uji . Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji diperoleh ℎ = 15,03 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh = 1,725 sehingga terlihat bahwa ℎ = 15,03 > = 1,725. Oleh karena itu, 0 ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Tari Bambu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 25 Indralaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model Tari Bambu, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Users 2711 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 08:19
Last Modified: 27 Nov 2019 08:19
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18779

Actions (login required)

View Item View Item