WULANDARI, HEVI and Sudirman, Sudirman and Murniati, Murniati (2015) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDERALAYA UTARA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84203_06111011010_0008066802_0028086203_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (670kB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111011010_0008066802_0028086203_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (135kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011010_0008066802_0028086203_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (402kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011010_0008066802_0028086203_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (689kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011010_0008066802_0028086203_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (185kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011010_0008066802_0028086203_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (187kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011010_0008066802_0028086203_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model discovery learning terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika kelas X di SMAN 1 Inderalaya Utara. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental Designs dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang akan di berikan perlakuan menggunakan model discovery learning, tanpa menggunakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal essai sebanyak 8 soal untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat pretest adalah 38,03 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa saat posttest adalah 75,60. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 15,03 sedangkan ttabel = 1,67, terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika siswa kelas X SMA N 1 Inderalaya Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Kemampuan memecahkan masalah |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 06:56 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 06:56 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19026 |
Actions (login required)
View Item |