IBAROYANI, SOPIA and Gulo, Fakhili and Hartono, Hartono (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84204_06101410005_0009126403_0017106703_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (780kB) | Preview |
Text
RAMA_84204_06101410005_0009126403_0017106703_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (291kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101410005_0009126403_0017106703_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (339kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101410005_0009126403_0017106703_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (753kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101410005_0009126403_0017106703_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101410005_0009126403_0017106703_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (193kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101410005_0009126403_0017106703_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) interaktif telah dilakukan dan diterapkan untuk pembelajaran larutan penyangga di kelas XI MIA SMA Negeri 2Palembang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan model ADDIE terdiri dari lima tahapan, yakni Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan),Implementation (penyampaian produk), Evaluation (evaluasi). Kuailitas produk dievaluasi dengan menggunakan metode evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation dan field test evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan expert review, angket dan tes. Nilai kevalidan materi sebesar 3,5 dengan kategori valid, nilai kevalidan pedagogik sebesar 3,1 dengan kategori cukup valid dan nilai kevalidan sebesar 3,75 dengan kategori valid, kepraktisan pada tahap one to one diperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori praktis dan tahap small group diperoleh nilai sebesar 80,1% dengan kategori praktis dan keefektifan dilihat dari N-gain score sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Hasil penelitian pengembangan LKS interaktif untuk pembelajaran larutan penyangga di kelas XI MIA SMA telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. LKS interaktif dapat digunakan guru sebagai media dalam proses pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian pengembangan, LKS, Interaktif, Larutan Penyangga |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 05:09 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 05:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19169 |
Actions (login required)
View Item |