Optimalisasi Pemanfaatan Sel Surya Pada Bangunan Komersial Secara Terintegrasi Sebagai Bangunan Hemat Energi

Rahardjo, Amien and Wahab, Herlina and Safruddin, Husni Optimalisasi Pemanfaatan Sel Surya Pada Bangunan Komersial Secara Terintegrasi Sebagai Bangunan Hemat Energi. In: Seminar Nasional Sains dan Teknologi-II 2008 Universitas Lampung, 17-18 November 2008, Bandar Lampung.

[img]
Preview
Text (Sateks Herlina.)
SATEK_Herlina.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Potensi energi matahari di Indonesia dapat dimanfaatkan sepanjang hari, hal ini sangat menguntungkan untuk membangkitkan energi listrik dengan menggunakan sel surya. Daya yang dapat dibangkitkan berdasarkan intensitas energi surya ketika mencapai permukaan bumi berjumlah sekitar 100 watt per m2, pada efisiensi sel surya 10%. Dengan demikian untuk memperoleh daya sebesar 1000 watt diperlukan luas 10 m2. Melihat kendala pemanfaatan sel surya yang memerlukan lahan yang sangat luas ini, maka penempatan sel surya secara terintegrasi pada bangunan komersial menjadi lebih efisien dan estetis. Penempatan sel surya pada bangunan komersial bisa ditempatkan pada atap bangunan atau pada bagian sisi-sisi bangunan komersial tersebut. Perkiraan dengan pemanfaatan sel surya di bangunan komersial dengan luas bangunan 500 m2 akan membangkitkan energi listrik sekitar 87 MWh per tahun. Oleh karena itu, penempatan sel surya pada bangunan komersial sebagai bangunan hemat energi perlu disosialisasikan dengan dukungan Pemerintah melalui kebijakan yang tepat dan kegiatan yang nyata. Kata Kunci : optimalisasi, sel surya, bangunan komersial, terintegrasi, bangunan hemat energi

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: Ms Herlina Wahab
Date Deposited: 02 Dec 2019 04:04
Last Modified: 02 Dec 2019 04:04
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19378

Actions (login required)

View Item View Item