TRIANNISA, DIAN and Huzaifah, Siti and Madang, Kodri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84205_06091281520071.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84205_06091281520071_0016075602_0008016901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (594kB) | Preview |
Text
RAMA_84205_06091281520071_0016075602_0008016901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (40kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281520071_0016075602_0008016901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (660kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281520071_0016075602_0008016901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (551kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281520071_0016075602_0008016901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (182kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281520071_0016075602_0008016901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (128kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281520071_0016075602_0008016901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84205_06091281520071_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem imun kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk hasil belajar berupa soal tespilihan ganda sebanyak 20 soal dan instrumen motivasi belajar angket berskala likert sebanyak 30 item. Kedua instrumen dilakukan uji validitas dan dinyatakan valid dan reliabel. Data hasil belajar dan motivasi belajar diuji dengan t-test melalui sofware SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (sig. 0,008) dan motivasi belajar (sig. 0,043). Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi (72,33) dari pada kelas kontrol (66,72). Nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 74,22 sedangkan kelas kontrol sebesar 71,29. Nilai koefisien korelasi motivasi dan hasil belajar sebesar 0,390dengan kategori rendah. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Motivasi Belajar, Sistem Imun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Motivasi Belajar, Sistem Imun. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Users 3445 not found. |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 06:14 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 06:14 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19410 |
Actions (login required)
View Item |