PENGARUH PENDEKATAN SAINS, TECHNOLOGY, ENGGINERING AND MATHEMATIC (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG

KHOTAMI, M. HABIL and Sudirman, Sudirman and Sriyanti, Ida (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINS, TECHNOLOGY, ENGGINERING AND MATHEMATIC (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111381520032.pdf] Text
RAMA_84203_06111381520032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381520032_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111381520032_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (648kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111381520032_0008066802_0008117801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM pada materi alat-alat optik terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA1 dan XI IPA 3 SMA Negeri 2 Palembang. Metode kuasi eksperimental dengan desain non equivalent digunakan dalam penelitian ini, dimana dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Prosedur penngambilan sampel mengunakan sampling purposive dengan anggota populasi dan sampel ialah peserta didik Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol meningkat. Dimana selisih pretest dan posttest kelas eksperimen adalah 6,0 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 4,9. Dari dua data tersebut peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan data hasil dari selisih pretest dan posttest didapatkan hasil uji-Z, dimana Zhitung nya adalah 3,02 dan Ztabelnya 1,96. Hasil tersebut menunjukan bahwa Zhitung lebih besar dibandingkan Ztabelnya maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan STEM terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendekatan, stem, optik dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Users 3442 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2019 06:56
Last Modified: 03 Dec 2019 06:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19497

Actions (login required)

View Item View Item