Kontroversi Rancangan Undang-Undang tentang Jabatan Hakim Perihal Sistem Shared Responsibility Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial Dalam Seleksi Hakim

Rani, Mahesa (2017) Kontroversi Rancangan Undang-Undang tentang Jabatan Hakim Perihal Sistem Shared Responsibility Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial Dalam Seleksi Hakim. In: expert meeting, 14 Juni 2017, Padang. (Unpublished)

[thumbnail of makalah_expert_meeting_pusako_unand.pdf]
Preview
Text
makalah_expert_meeting_pusako_unand.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Persoalan peradilan di Indonesia memang kompleks, salah satunya adalah seleksi hakim tingkat pertama dinilai oleh banyak kalangan tidak transparan dan mutlak menjadi kewenangan Mahkamah Agung (MA). Dalam rancangan undang-undang jabatan hakim lyanglkihLtengah dibahas.oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama Pemerintah usul diterapkannya sistem shared responsibility anatara MA dan KY dalam menyeleksi hakim. Sayangnya usul ini mengundarig perdebatan dan membuat molornya pembahasan rancangan undang-undang jabatan hakim sehingga rancangan undang-undang tersebut belum bisa disahkan. Dalam sistem shared responsibility sebetulnya tidak hanya dipersoalkan mengenai seleksi hakim, akan tetapi juga mengenai pengangkatan, mutasi, pemberhentian, dan pengawasan hakim. Titik pokok yang akan dibahas dalam tulisan ini terkhusus mengenai shared responsibility antara MA dan KY dalam seleksi hakim tingkat pertama. Hal ini amat penting karena untuk menghasilkan hakim yang berkualitas, bermoral, berintegritas, dan berkomitmen tinggi terhadap tugasnya sebagai hakim dimulai dari seleksi awal. Untuk itu diharapkan dari seleksi yang ketat, bersih, dan Trahlparaifakari menghasilkan hakim-hakim yang mampu mewujudkan peradilan yang independent, bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Item Type: Conference or Workshop Item (Keynote)
Uncontrolled Keywords: Shared Responsibility, Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, Hakim
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Dody Nopriansyah MbuL
Date Deposited: 04 Dec 2019 12:40
Last Modified: 04 Dec 2019 12:40
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19626

Actions (login required)

View Item View Item