Plagiarism_Lusia_Hayati_Mekanisme Antifertilitas Fraksi Biji Pepaya pada Tikus Jantan

Hayati, Lusia (2019) Plagiarism_Lusia_Hayati_Mekanisme Antifertilitas Fraksi Biji Pepaya pada Tikus Jantan. Universitas Sriwijaya, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Plagiarism_Lusia_Hayati_Mekanisme Antifertilitas Fraksi Biji Pepaya pada Tikus Jantan (18).pdf]
Preview
Text
Plagiarism_Lusia_Hayati_Mekanisme Antifertilitas Fraksi Biji Pepaya pada Tikus Jantan (18).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Biji pepaya dapat bersifat sebagai antifertilitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui senyawa dan mekanisme antifertilitas fraksi biji pepaya pada tikus jantandari berat vesikula seminalis dan prostat serta jumlah spermatosit primer dan spermatid. Jenis penelitian eksperimental secara in vivodengan rancangan acak lengkap. Hewan uji adalah tikus jantan (Rattus norvegicusL.) galur Sprague Dawleyusia 60 hari dengan berat badan 200-210 g. Dosis pemberian 100mg/kg bb selama 24 hari. Senyawa yang dikandung oleh fraksi didapat melalui uji fitokimia. Hasil penelitian memperlihatkansenyawa yang ditemukan pada fraksi nHeksan adalah steroid, terpenoid, saponin, flavonoid. Fraksi etil asetat terdapat senyawa steroid, terpenoid dan flavonoid. Fraksi etanol air mengandung senyawa terpenoid dan flavonoid. Berat vesikula seminalis dan prostat meningkat dibandingkan kontrol. Rerata jumlah spermatosit primer dan spermatidmenurun secara nyata pada semua fraksi namun penurunanterendah pada fraksi nHeksan. Dapat disimpulkan mekanisme antifertilitas fraksi biji papaya adalah melalui penurunan rerata jumlah spermatosit primer dan spermatid.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 11106-Biomedical Science (S2)
Depositing User: Dra Lusia Hayati
Date Deposited: 21 Jan 2021 01:21
Last Modified: 21 Jan 2021 01:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20247

Actions (login required)

View Item View Item