PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA DI KELAS VII SMP NEGERI I INDERALAYA UTARA

KOM, KOM and Andriani, Nely and Husaini, Imron (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA DI KELAS VII SMP NEGERI I INDERALAYA UTARA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_84203_06081011026_0024027406_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (94kB) | Preview
[img] Text
RAMA_84203_06081011026_0024027406_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06081011026_0024027406_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06081011026_0024027406_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06081011026_0024027406_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_84203_06081011026_0024027406_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat gambaran keterampilan proses dasar dan pemahaman konsep siswa di kelas VII. Keterampilan dasar yang diamati meliputi keterampilan mengamati, mengkomunikasikan, menyimpulkan dan meramalkan. Sedangkan pemahaman konsep yang dilihat adalah pada aspek translasi dan interpretasi. Berdasarkan rata – rata aktivitas keterampilan proses siswa untuk keterampilan mengamati sebesar 81%, keterampilan mengkomunikasikan sebesar 59% , keterampilan menyimpulkan sebesar 70%, dan keterampilan memprediksi sebesar 77%. Rata – rata pemahaman konsep translasi siswa sudah dapat dikategorikan baik (67,5) , sedangkan pemahaman interpretasinya masih kurang (36). Terdapat 4 kelompok berdasarkan pencapaian keterampilan proses dan pemahaman konsep siswa yaitu kelompok siswa yang memiliki keterampilan proses yang baik – amat baik (80% - 100%) dan mengalami peningkatan pemahaman konsep salah satu aspek maupun kedua aspek pemahaman (12 orang), kelompok siswa yang memiliki keterampilan proses yang baik – amat baik dan mengalami penurunan pemahaman konsep (5 orang), Kelompok ketiga adalah kelompok siswa yang memiliki rata – rata keterampilan proses yang rendah – cukup (50% - 69%) dan mengalami peningkatan pemahaman konsep (9 orang), dan kelompok siswa yang memiliki keterampilan proses rendah – cukup dan mengalami penurunan pemahaman konsep (6 orang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendekatan keterampilan proses, keterampilan proses, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Ms. Volunteer Duwy Agustinah
Date Deposited: 06 Dec 2019 08:05
Last Modified: 06 Dec 2019 08:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20315

Actions (login required)

View Item View Item