UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IVA SD NEGERI 02 INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R

PUTRI, MESA ALMARISA and Hairuddin, Hairuddin and Alwi, Zahra (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IVA SD NEGERI 02 INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06091013008_0006125201_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86206_06091013008_0006125201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86206_06091013008_0006125201_02.pdf] Text
RAMA_86206_06091013008_0006125201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06091013008_0006125201_03.pdf] Text
RAMA_86206_06091013008_0006125201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06091013008_0006125201_04.pdf] Text
RAMA_86206_06091013008_0006125201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06091013008_0006125201_05.pdf] Text
RAMA_86206_06091013008_0006125201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06091013008_0006125201_06_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06091013008_0006125201_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06091013008_0006125201_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86206_06091013008_0006125201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (636kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVA SD Negeri 02 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir melalui strategi PQ4R dan untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 02 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, berjumlah 39 siswa terdiri dari 17 perempuan dan 22 laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan stretegi PQ4R dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan membaca pemahaman, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal adalah 85% dan siswa dinyatakan tuntas belajar apabila mencapai nilai ≥ 70 yang telah ditetapkan sekolah. Hasil penelitian sebelum diadakan tindakan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 46,67 dengan ketuntasan belajar 25,64%. Siklus I rata-rata 58,72 dengan persentase 56,41% dan Siklus II rata-rata 72,95 dengan persentase 89,74%. Sedangkan hasil persentase keaktivan siswa di kelas dengan menggunakan strategi PQ4R pada siklus I 57,85% dan pada siklus II terjadi peningkatan 81,73%. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca dengan menggunakan Strategi PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVA SDN 02 Indralaya Utara Ogan Ilir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Users 2724 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2019 04:38
Last Modified: 09 Dec 2019 04:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20398

Actions (login required)

View Item View Item