Pengaruh Edukasi Teknik Menyusui Terhadap Kepercayaan Diri Ibu Primipara Post Sectio Caesar Dalam Pemberian ASI di RSUD Lahat

Herliawati, Herliawati and Girsang, Bina Melvia and Septi, Septi (2014) Pengaruh Edukasi Teknik Menyusui Terhadap Kepercayaan Diri Ibu Primipara Post Sectio Caesar Dalam Pemberian ASI di RSUD Lahat. JURNAL PEMBANGUNAN MANUSIA, 8 (1). pp. 1-81. ISSN 1978-5879

[thumbnail of Nursing]
Preview
Text (Nursing)
Pengaruh_Edukasi_(jurnal_pemprov).pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknik Menyusui sangat berperan penting dalam keberhasilan ibu menyusui bayinya. Akibat dari teknik menyusui yang tidak benar dapat mempengaruhi proses menyusui dan dapat menyebabkan masalah pada ibu, misalnya puting lecet, dan sindrom kurang ASI. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh edukasi teknik menyusui terhadap kepercayaan ibu dalam pemberian ASI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre eksperimen one group pre-test-post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu primipara post sectio caesar di ruang kebidanan Rumah Sakit Daerah Lahat. Teknikpengambilan sampel adalah purposive sampling sebanyak 17 responden yangdilakukan dari tanggal 07 November sampai 07 Desember 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh edukasi teknik menyusui terhadap kepercayaan diri ibu dalam pemberian ASI setelah dilakukan intervensi (P< 0,05). Edukasi teknik menyusui ini dapat digunakan sebagai salah satu intervensi keperawatan dalam melaksanakan asuhan keperawatan untuk meningkatkan peran serta perawat dalam mendukung programpemberian ASI pada bayi. Kata Kunci : ASI, edukasi teknik menyusui, kepercayaan diri

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 14201-Nursing (S1)
Depositing User: Bina Melvi Bina Girsang
Date Deposited: 09 Dec 2019 06:47
Last Modified: 09 Dec 2019 06:47
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20680

Actions (login required)

View Item View Item