UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS 5 SD NEGERI 90 PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION

BURI, ANDRY and Hairuddin, Hairuddin and Effendy, Umar (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS 5 SD NEGERI 90 PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_86209_06101413053_0009031003_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (232kB) | Preview
[img] Text
RAMA_86209_06101413053_0009031003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86209_06101413053_0009031003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86209_06101413053_0009031003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86209_06101413053_0009031003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86209_06101413053_0009031003_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86209_06101413053_0009031003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas 5 SD Negeri 90 Palembang melalui model TAI. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 90 Palembang sebanyak 40 siswa, terdiri atas 18 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes (postes) yang terdiri atas tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model TAI dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai persentase untuk hasil tes menulis siswa yaitu rata-rata nilai menulis narasi siklus I adalah 67,97 dengan persentase ketuntasan belajar 45% dan keaktifan siswa sebesar 55,83%. Dan rata-rata nilai menulis narasi siklus II adalah 75,77 dengan persentase ketuntasan belajar 85% dan keaktifan siswa sebesar 81,11%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TAI dalam pembelajaran menulis narasi meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri 90 Palembang. Mengingat penggunaan model pembelajaran TAI dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, maka model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Narasi, model pembelajaran, Team Assisted Individualization (TAI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 86209-Blended Learning Elementary Education (S1)
Depositing User: Mr. Volunteer Susanto Susanto
Date Deposited: 09 Dec 2019 06:33
Last Modified: 09 Dec 2019 06:33
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20708

Actions (login required)

View Item View Item