NURANDI, HERVIN and Zulherman, Zulherman and Murniati, Murniati (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.
Preview |
Text
RAMA_84203_06101011017_0012075604_0028086203_01_frent_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (437kB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06101011017_0012075604_0028086203_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (24kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06101011017_0012075604_0028086203_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (251kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06101011017_0012075604_0028086203_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06101011017_0012075604_0028086203_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06101011017_0012075604_0028086203_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (63kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X IPA SMA Negeri 19 Palembang pada pokok bahasan alat-alat optik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi-experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X IPA SMA Negeri 19 Palembang dan sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjunlah 72 siswa pada semester genap tahun ajaran 2013-2014. Penelitian dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian ini diperoleh data N-gain kelas eksperimen sebesar 0,45 (kategori sedang) dan N-gain kelas kontrol 0,09 (kategori rendah). Hasil uji t dari nilai hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel (15,56 > 1,668). Dengan demikian Ho yaitu tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa, ditolak dan Ha yaitu ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa diterima. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X IPA SMA Negeri 19 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 05:22 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 05:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20743 |
Actions (login required)
View Item |