NOVIANTI, RISKA and Sumarni, Sri and Hasmalena, Hasmalena (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN SENI TEKNIK MENCETAK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA INDRALAYA SELATAN. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.
Preview |
Text
RAMA_86202_06121414005 _0001015941_0026055904_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (811kB) | Preview |
Text
RAMA_86202_06121414005 _0001015941_0026055904_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (182kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06121414005 _0001015941_0026055904_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (265kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06121414005 _0001015941_0026055904_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (541kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06121414005 _0001015941_0026055904_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (207kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06121414005 _0001015941_0026055904_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (168kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06121414005 _0001015941_0026055904_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pengaruh pembelajaran seni teknik mencetak terhadap kemampuan motorik halus kelompok B di TK Negeri Pembina Indralaya Selatan, dengan jenis penelitian eksperimen semu desain One Shoot Case Study. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan pertimbangan kemampuan motorik halus anak belum berkembang di kelas B2. Sampel pada penelitian ini adalah kelompok B2 yang terdiri dari 13 anak, 3 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes perbuatan, dengan hasil analisis data yang diperoleh nilai = 17,47 ≥ = 1,78, kesimpulannya terdapat pengaruh pembelajaran seni teknik mencetak terhadap kemampuan motorik halus kelompok B di TK Negeri Pembina Indralaya Selatan. Hal ini dibuktikan bahwa pada kondisi awal nilai rata-rata 56 dengan kategori mulai berkembang (MB), setelah diberi perlakuan didapat nilai rata-rata 77,84 dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH), adapun indikator yang paling menonjol yaitu indikator pertama dapat mengatur gerak jari-jemari dan pergelangan tangan, sebanyak 12 anak (92,30%). Melihat hasil yang diperoleh, disarankan bagi peneliti selanjutnya melakukan penelitian yang sama dengan aspek perkembangan yang berbeda
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Seni, Teknik Mencetak, Motorik Halus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 07:27 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 07:27 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20836 |
Actions (login required)
View Item |