WULANDARI, HEVI and Sudirman, Sudirman and Murniati, Murniati (2015) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDERALAYA UTARA. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.
Preview |
Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _01-front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (670kB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (135kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (402kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (689kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (185kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (187kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011010 _ 0008066802 _ 0028086203 _07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model discovery learning terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika kelas X di SMAN 1 Inderalaya Utara. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental Designs dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang akan di berikan perlakuan menggunakan model discovery learning, tanpa menggunakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal essai sebanyak 8 soal untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat pretest adalah 38,03 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa saat posttest adalah 75,60. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 15,03 sedangkan ttabel = 1,67, terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika siswa kelas X SMA N 1 Inderalaya Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Kemampuan memecahkan masalah |
Subjects: | L Education > LA History of education > LA5-25 General |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 10 Dec 2019 07:31 |
Last Modified: | 10 Dec 2019 07:31 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21031 |
Actions (login required)
View Item |