EFRIANSYAH, EFRIANSYAH and Indrawati, Sri and Saripudin, Agus (2016) PENGARUH METODEESTAFET WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06121002043 _ 0012075914_ 01_front_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002043 _ 0012075914_ 02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (334kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002043 _ 0012075914_ 03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (437kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002043 _ 0012075914_ 04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (598kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002043 _ 0012075914_ 05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (277kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002043 _ 0012075914_ 06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (171kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002043 _ 0012075914_ 07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Estafet Writingterhadap pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dengan perlakuan metode Estafet Writing, dan kelas X3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa dengan perlakuan metode konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 64,27meningkat sebesar 14,27 menjadi78,87pada tes akhir.Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 63,26meningkat sebesar 8,25menjadi 71,23pada tes akhir.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel= 3,352>2,001 dengan df = 59 pada tingkat keberhasilan 95% (=0,025) karena thitunglebih besar dari ttabelmaka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan “Ada perbedaan kemampuan menulis cerpen antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode EstafetWriting dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan metode EstafetWritingmerupakan metode yang berpengaruh di dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh,metodeEstafetWriting,konvensional,menuliscerpen. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2587 not found. |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 04:22 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 04:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21159 |
Actions (login required)
View Item |