Dampak Gabungan Kata Berbahasa Arab Terhadap Hasil Mesin Penerjemah Berbasis Statistik

Heroza, Rahmat Izwan (2014) Dampak Gabungan Kata Berbahasa Arab Terhadap Hasil Mesin Penerjemah Berbasis Statistik. Konferensi Nasional Sistem Informasi 2014. pp. 220-222. ISSN 2355-1941

[thumbnail of Dampak_Gabungan_Kata_Berbahasa_Arab_Terhadap_Hasil_Mesin_Penerjemah_Berbasis_Statistik-published.pdf]
Preview
Text
Dampak_Gabungan_Kata_Berbahasa_Arab_Terhadap_Hasil_Mesin_Penerjemah_Berbasis_Statistik-published.pdf

Download (473kB) | Preview
Official URL: http://knsi.us/

Abstract

Tulisan ini meneliti dampak adanya gabungan kata (muta ?allaq) terhadap hasil mesin penerjemah berbasis statistik dalam menerjemahkan dokumen berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Uniknya, kata-kata yang tergabung dalam muta?allaq tidak harus muncul secara berurutan. Muta ?allaq terkadang dipisahkan oleh banyak kata yang tidak terikat jumlah maupun jenisnya dengan muta ?allaq. Penelitian ini mengungkap bahwa hanya 2 dari 25 kalimat yang mengandung muta ?allaq berhasil diterjemahkan dengan baik. Penelitian ini akhirnya mengusulkan solusi untuk mengurangi dampak adanya muta ?allaq dengan cara pengidentifikasian muta ?allaq. Setelah teridentifikasi, kata -kata penyusun muta ?allaq ini diletakkan pada posisi yang berdekatan sehingga metode statistik dapat merekam kemunculan kedua gabungan kata ini. Hasilnya adalah tingkat efektifitas sebesar 60% atau sebanyak 15 dari 25 kalimat yang mengandung muta?allaq bisa diterjemahkan dengan baik menggunakan mesin penerjemah berbasis statistik yang telah mengimplementasi solusi yang diusulkan dalam penelitian ini. Solusi ini juga meningkatkan nilai BLUE Score dari semula 0.3574 menjadi 0.3584 atau meningkat sebesar 0.0010 poin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mesin translasi berbasis statistik bahasa Arab, muta ?allaq, Moses, PoS tag, MADA+TOKAN
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.4 Managerial control systems Information technology. Information systems (General)
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Mr Rahmat Izwan Heroza
Date Deposited: 10 Dec 2019 12:01
Last Modified: 10 Dec 2019 12:01
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21174

Actions (login required)

View Item View Item