Deskoni, Deskoni (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Inkuiri Sosial Pada Mahasiswa S1 PGSD FKIP UNSRI. Jurnal Forum SOSIAL, 6 (2). pp. 304-311. ISSN 1972-8681
Preview |
Text
cover.pdf Download (373kB) | Preview |
Preview |
Text
PENINGKATAN...._PGSD.pdf Download (337kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bahan masukan bagi dosen dan mahasiswa S1 PGSD FKIP Unsri untuk dapat digunakan dalam meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan kualitas keluaran S1 PGSD khususnya dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian, tindakan kelas, desain penelitian dengan model siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data digunakan dengan cara kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk portofolio, tes hasil belajar, dan hasil observasi. Subyek penelitian adalah mahasiswa S1 PGSD FKIP Unsri Berasrama Semester 1, Matakuliah Konsep Dasar IPS yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran Konsep Dasar IPS dengan hasil belajar yang sangat memuaskan. Keaktifan mahasiswa dalam belajar cukup baik, yang ditunjukkan dengan semangat belajar yang tinggi. Manfaat yang diharapkan antara lain: (1) adanya peningkatan kolaborasi antara mahasiswa dengan dosen; (2) meningkatnya pola berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah lingkungan alam yang berdampak pada kehidupan manusia yang dihadapi mahasisiwa sehari-hari; dan (3) dapat dimanfaatkan pula ketika mahasiswa akan menyusun skripsi nanti atau bila ingin menulis karya ilmiah lainnya setelah menjadi guru SD
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran, Pembelajaran IPS, Strategi Inkuiri Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Mr. Deskoni Deskoni |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 06:36 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 06:36 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21275 |
Actions (login required)
View Item |