Plagiarism_Irsan_Saleh_Perbandingan Pemeriksaan Sitologi Apus Serviks Konvensional (ASK) dengan Liquid Based Preparation (LBP)

Saleh, Irsan (2011) Plagiarism_Irsan_Saleh_Perbandingan Pemeriksaan Sitologi Apus Serviks Konvensional (ASK) dengan Liquid Based Preparation (LBP). Majalah Patologi Indonesia.

[thumbnail of Perbandingan Pemeriksaan Sitologi Apus Serviks Konvensional (ASK) dengan Liquid Based Preparation (LBP).pdf.pdf]
Preview
Text
Perbandingan Pemeriksaan Sitologi Apus Serviks Konvensional (ASK) dengan Liquid Based Preparation (LBP).pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang Pemeriksaan Pap smear dilakukan untuk diagnosis dini kelainan pada serviks. Apus Serviks Konvensional (ASK) yang selama ini digunakan memiliki beberapa kelemahan, dan Liquid Based Preparation (LBP) merupakan salah satu metode baru yang mencoba untuk memberikan gambaran sitologi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil pemeriksaan sitologi ASK dan LBP dalam mendeteksi dini lesi serviks. Metode Penelitian ini bersifat deskriptif-eksploratif, membandingkan hasil pemeriksaan sitologi ASK dan LBP yang diukur dengan kriteria Bethesda 2001. Penelitian dilakukan di RS RK Charitas dan RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang mulai 1 April sampai 30 Juni 2010. Sampel penelitian diambil dari 100 wanita yang telah menikah, setiap satu kali pengambilan sampel apusan serviks dilakukan dua metode yaitu; metode ASK dan LBP, sehingga akan terkumpul 200 sampel yang dipulas dengan perwarnaan Papanicolaou.. Hasil LBP lebih banyak memberikan adekuasi specimen yang memuaskan dibandingkan dengan ASK (p<0,05), dan pada LBP gambaran sel baik normal maupun abnormal lebih mudah dilihat dibandingkan ASK. Tidak ditemukan perbedaan interpretasi ASK dan LBP (p>0,02), Kesimpulan Metode LBP memiliki beberapa kelebihan yang dapat menutupi kekurangan metode ASK, kelebihannya antara lain adekuasi memuaskan lebih banyak, memberikan gambaran sel yang lebih jelas dan mudah dilihat.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 11106-Biomedical Science (S2)
Depositing User: dr Irsan Saleh
Date Deposited: 27 Dec 2019 07:21
Last Modified: 27 Dec 2019 07:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21439

Actions (login required)

View Item View Item