WITHARZA, TIFFANI and Kasmansyah, Kasmansyah and Saripudin, Agus (2016) PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA PGRI 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06111002034.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06111002034_0016065602_0010036211_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (621kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06111002034_0016065602_0010036211_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (210kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002034_0016065602_0010036211_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (410kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002034_0016065602_0010036211_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (364kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002034_0016065602_0010036211_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002034_0016065602_0010036211_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06111002034_0016065602_0010036211_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh media audio-visual terhadap pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA PGRI 1 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 orang dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 19 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal (pretest) menulis karangan deskripsi kelas eksperimen 61,842 dan kelas kontrol 61,526. Nilai rata-rata tes akhir (posttest) menulis karangan deskripsi kelas eksperimen 79,553 dan kelas kontrol 67,632. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA PGRI 1 Palembang pada kelas eksperimen sebesar 17,711. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung (2,406) lebih besar dari ttabel (1,990) dengan df = 36 pada tingkat signifikasi 95% (α = 0,025). Ha yang menyatakan ―Ada perbedaan dalam keterampilan siswa memproduksi karangan deskripsi yang belajar dengan menggunakan media audio-visual dengan siswa yang belajar dengan menggunakan media visual gambar (μ1 ≠ μ2),‖ diterima. Dengan diterimanya Ha, dapat disimpulkan bahwa media audio-visual dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi lebih berpengaruh daripada media visual pada siswa kelas X SMA PGRI 1 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, media audio-visual, menulis karangan deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mr. Muhammad Irwan |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 02:47 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 02:47 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21443 |
Actions (login required)
View Item |