KERTYANI, NI NENGAH SILVINA and Harlina, Harlina (2015) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 9 PALEMBANG. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.
Preview |
Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (847kB) | Preview |
Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (195kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (402kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (383kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (992kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan media video untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Subyek penelitian terdiri dari 20 orang dengan kategori percaya diri yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala percaya diri yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre test, melakukan perlakuan bimbingan kelompok dengan media video pada kelompok eksperimen dan bimbingan kelompok tanpa video pada kelompok kontrol, dan post test. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan uji Wilcoxon Match Pairs. Hasil penelitian di SMA Negeri 9 Palembang menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Z hitung Masing-masing kelompok lebih besar dari Z tabel Zh = 2,803 > Zt tabel = 1,645 (eksperimen) dan Zh = 2,701> Zt= 1,645 (kontrol). Hasil perbandingan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan uji Wilcoxon Match Pairs diperoleh Z h=2,803 > Z t= 1,645 yang menunjukkan bahwa Ha diterima, artinya kelompok dengan video berpengaruh lebih tinggi dan lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok tanpa video. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan media video berpengaruh terhadap percaya diri siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Media Video, Percaya Diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 05:23 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 05:23 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21513 |
Actions (login required)
View Item |