PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 9 PALEMBANG

KERTYANI, NI NENGAH SILVINA and Harlina, Harlina (2015) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 9 PALEMBANG. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.

[thumbnail of RAMA_86201_06111007003_0025045905_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (847kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86201_06111007003_0025045905_02.pdf] Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06111007003_0025045905_03.pdf] Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06111007003_0025045905_04.pdf] Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06111007003_0025045905_05.pdf] Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06111007003_0025045905_06_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06111007003_0025045905_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86201_06111007003_0025045905_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (992kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan media video untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Subyek penelitian terdiri dari 20 orang dengan kategori percaya diri yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala percaya diri yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre test, melakukan perlakuan bimbingan kelompok dengan media video pada kelompok eksperimen dan bimbingan kelompok tanpa video pada kelompok kontrol, dan post test. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan uji Wilcoxon Match Pairs. Hasil penelitian di SMA Negeri 9 Palembang menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Z hitung Masing-masing kelompok lebih besar dari Z tabel Zh = 2,803 > Zt tabel = 1,645 (eksperimen) dan Zh = 2,701> Zt= 1,645 (kontrol). Hasil perbandingan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan uji Wilcoxon Match Pairs diperoleh Z h=2,803 > Z t= 1,645 yang menunjukkan bahwa Ha diterima, artinya kelompok dengan video berpengaruh lebih tinggi dan lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok tanpa video. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan media video berpengaruh terhadap percaya diri siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Media Video, Percaya Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 12 Dec 2019 05:23
Last Modified: 12 Dec 2019 05:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21513

Actions (login required)

View Item View Item