SINABUTAR, NORA SORAYA and Alfiandra, Alfiandra and Waluyati, Sri Artati (2015) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKn BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP ASIMILASI BUDAYA SISWA DI SMA METHODIST 3 PALEMBANG. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.
Preview |
Text
RAMA_87205_06101005023 _ 0005026703_ 0015116901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (282kB) | Preview |
Text
RAMA_87205_06101005023 _ 0005026703_ 0015116901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (353kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06101005023 _ 0005026703_ 0015116901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06101005023 _ 0005026703_ 0015116901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (807kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06101005023 _ 0005026703_ 0015116901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (167kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87205_06101005023 _ 0005026703_ 0015116901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (102kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis multikultural terhadap asimilasi budaya siswa di SMA Methodist 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan populasi penelitian seluruh siswa di SMA Methodist 3 Palembang yang berjumlah 118 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria kelas yang memiliki keanekaragaman budaya siswa yang paling beragam, diperoleh kelas X.1 terdiri dari 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Dari data hasil observasi sebelum pembelajaran PKn berbasis multikultural dilaksanakan rerata presentase asimilasi budaya siswa hanya 39.8% dan setelah pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis multikultural sebesar 95.8% dengan demikian ada perbedaan asimilasi budaya siswa sebelum pembelajaran dan setelah pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis multikultural ditandai dengan terjadi peningkatan asimilasi budaya siswa sebesar 56%. Didukung dari hasil analisis melalui uji-t, Ho ditolak jika sign. < α, dari hasil analisis diperoleh sign. = .000 dan α = .05 karena sign. < α maka Ho ditolak dan menerima Ha, dengan Ha adanya perbedaan asimilasi budaya siswa sebelum pembelajaran PKn berbasis multikultural dan setelah pembelajaran PKn berbasis multikultural.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PKn berbasis multikultural, Asimilasi Budaya |
Subjects: | L Education > LA History of education > LA5-25 General |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 05:46 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 05:46 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21518 |
Actions (login required)
View Item |