WIDYASTUTI, TIA and Somakim, Somakim and Indaryanti, Indaryanti (2014) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN. Undergraduate thesis, University of Sriwijaya.
Preview |
Text
RAMA_84204_ 06101008035 _ 0006046302 _ 000006046401 _01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (542kB) | Preview |
Text
RAMA_84204_ 06101008035 _ 0006046302 _ 000006046401 _02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (511kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_ 06101008035 _ 0006046302 _ 000006046401 _03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (263kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_ 06101008035 _ 0006046302 _ 000006046401 _04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_ 06101008035 _ 0006046302 _ 000006046401 _05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_ 06101008035 _ 0006046302 _ 000006046401 _06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (171kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi dari pendekatan Scientific pada pembelajaran matematika yang ditinjau dari kegiatan belajar siswa, kegiatan guru serta hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan implementasi pendekatan Scientific di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.4 yang berjumlah 37 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data keterlaksanaan kegiatan belajar siswa dan kegiatan guru dikumpulkan dengan observasi, sementara tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan implementasi pendekatan Scientific. Adapun persentase keterlaksanaan kegiatan belajar siswa pada implementasi pendekatan Scientific dalam proses pembelajaran adalah sebesar 64% yang termasuk dalam kategori tidak terlaksana, kemudian persentase keterlaksanaan kegiatan guru adalah sebesar 95% yang termasuk dalam kategori terlaksana, serta persentase keberhasilan hasil belajar siswa sebesar 83,78% yang termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 2,82. Sehingga dari ketiga penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan Scientific pada pembelajaran matematika siswa yang ditinjau dari keterlaksanaan kegiatan belajar siswa, keterlaksanaan kegiatan guru serta keberhasilan hasil belajar dapat dikategorikan cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Scientific, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1090-1091 Political education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 07:55 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 07:55 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21554 |
Actions (login required)
View Item |