SUNANTA PB, NOVA DEISITA and Novera, Arfianna and Mardiana, Mardiana (2018) ANALISIS PUTUSAN ARBITRASE BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) SENGKETA ANTARA KONSUMEN DAN PT.NISSAN MOTOR INDONESIA; PUTUSAN NOMOR 099/Pts.A/BPSK-DKI/II/2012. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_74201_02011181520089_0003115706_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (560kB) |
|
Text
RAMA_74201_02011181520089_0003115706_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (165kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011181520089_0003115706_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (172kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011181520089_0003115706_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (65kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011181520089_0003115706_05.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (89kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011181520089_0003115706_06.lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (289kB) | Request a copy |
Abstract
Perlindungan terhadap konsumen masih sangat lemah, jika kita melihat kasus iklan menebar janji yang tidak pasti, konsumen lah yang akan selalu dirugikan akan iklan tersebut disebabkan oleh ketidak jujuran pelaku usaha dalam memberi informasi. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum normatif. Tujuan penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui dasar pertimbangan putusan dan kekuatan eksekutorial putusan BPSK dalam kasus sengketa konsumen No. 099/Pts.A/BPSK-DKI/II/2012. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pertama, dasar Pertimbangan Putusan Arbitrase (BPSK) yaitu Pasal 9 Ayat (1) huruf k dan Pasal 10 Undang-Undang No.8 Tahun 1999 dan pertimbangan tersebut sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kedua, terhadap inkonsistensi yang terdapat di dalam UUPK, ternyata justru diperkuat dengan lahirnya Perma Nomor 1 Tahun 2006. Pasal 1 ayat 3 Perma Nomor 1 Tahun 2006 menjelaskan bahwa keberatan adalah upaya bagi pelaku usaha dan konsumen yang tidak menerima putusan BPSK. Rumusan tersebut justru memperkuat pasal-pasal yang bertentangan dalam UUPK, sehingga membuat tidak adanya kepastian hukum dalam putusan yang di keluarkan oleh BPSK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, BPSK, Iklan yang Menyesatkan |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K623-968 Civil law |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Mrs Sri Astuti |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 04:39 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 04:39 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/2175 |
Actions (login required)
View Item |