Development of Blumlein Line Generator and Reactor for Wastewater Treatment

Nawawi, Zainuddin and Sidik, Muhammad Abu Bakar and Buntat, Zolkafle and Iqbal, S.M.Zafar and Ahmadi, Hashem and Mobarra, Muhammadjavad (2013) Development of Blumlein Line Generator and Reactor for Wastewater Treatment. TELKOMNIKA, 11 (3). pp. 473-480. ISSN 1693-6930

[thumbnail of 7_Sidik_M.A.B_et_al_2013_Development_of_blumlein_line_generator_and_reactor_for_wastwater_treatment.pdf]
Preview
Text
7_Sidik_M.A.B_et_al_2013_Development_of_blumlein_line_generator_and_reactor_for_wastwater_treatment.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Ada beberapa metode dan teknik pengolahan air limbah yang telah diperkenalkan menggunakan proses biologi, kimia, dan fisik. Namun, ditemukan bahwa ada beberapa kekurangan dalam metode dan dan teknik yang tersedia saat ini. Misalnya, penerapan klorin dapat menyebabkan desinfeksi bakteri tetapi menghasilkan desinfeksi karsinogenik sekunder yang berbahaya. Dalam rangka memperoleh pemahaman yang lebih baik dalam proses pengolahan air limbah, dilakukan sebuah studi sistem pengolahan air limbah dan reaktor discharge hybrid untuk memperoleh corona fasa cair pada gas. Selain eksperimen laboratorium, dilakukan juga perancangan dan pengembangan rangkaian daya pulsa Blumlein dan modifikasi reaktor untuk pengolahan air limbah. Rangkaian daya pulsa Blumlein ini membangkitkan pulsa tegangan tinggi nanodetik. Reaktor discharge hybrid ini dapat menghasilkan pelepasan percikan pada fasa gas maupun cair. Analisis spektrum emisi pada terjadinya pelepasan ditemukan adanya berbagai bahan kimia seperti radikal OH. Selain itu, peningkatan drastis dalam hal kandungan oksigen dan tingkat konduktivitas sampel air limbah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Blumlein, hybrid discharge, pelepasan percikan, pengeloan air limbah, reaktor
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: Muhammad Abu Bakar Sidik
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:53
Last Modified: 20 Dec 2019 03:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22006

Actions (login required)

View Item View Item