HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PENILAIAN AUTENTIK PADA TEMA LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS RENDAH

Husin, Azizah (2014) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PENILAIAN AUTENTIK PADA TEMA LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS RENDAH. In: Prosiding Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta. ISBN 978-608-602-70135-0-6

[thumbnail of AZIZAH_HUSIN-HUBUNGAN_ANTARA_KETERAMPILAN_BERPIKIR_KRITIS_PENILAIAN_AUTENTIK_PADA_TEMA_LINGKUNGAN_HIDUP_DI_KELAS_RENDAH.pdf]
Preview
Text
AZIZAH_HUSIN-HUBUNGAN_ANTARA_KETERAMPILAN_BERPIKIR_KRITIS_PENILAIAN_AUTENTIK_PADA_TEMA_LINGKUNGAN_HIDUP_DI_KELAS_RENDAH.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Hakekat penilaian hasil belajar anak didik adalah memberikan nilai sesuai dengan apa yang telah ditunjukkan/performance anak didik berkaitan dengan materi ajar. Secara keseluruhan factor yang dinilai meliputi perolehan pada semua domain penilaian dalam pendidikan yakni kognitif, afektif dan psikomotor. Aspek penilaian pada kurikulum 2013 menekankan orientasi penilaian pada proses dan hasil. Penilaian sepanjang proses pembelajaran mempunyai sumbangan penting bagi penilaian yang proporsional dan adil sehingga mengukur semua aspek yang ada pada anak. Pendekatan penilaian yang paling tepat untuk penilaian proses pembelajaran adalah penilaian authentic. Penilaian authentic ini dapat melihat dan menilai aspek secara integrated menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor secara detail dan sesuai dengan kebutuhan materi pembelajaran menurut guru yang mengajar. Penilaian authentic ini mendukung pembelajaran dengan pendekatan tematik terpadu khususnya pada anak kelas rendah, dimana mendorong anak untuk aktif belajar. Selain itu penilaian authentic pada pendekatan tematik cukup adil tidak merugikan siswa kelas rendah yang masih dalam tahap perkembangan dasar pembentukan karakter dan berpikir konkrit. Materi dengan tema lingkungan hidup pada kelas rendah akan lebih efektif jika dilakukan dengan penilaian authentic. Selain itu materi lingkungan hidup mengisyaratkan agar siswa mampu mengaplikasikan pengetahuannya pada persoalan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: penilaian authentic, tematik, lingkungan hidup, kelas rendah
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86205-Non-Formal Education (S1)
Depositing User: Azizah Husin
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:54
Last Modified: 20 Dec 2019 03:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22121

Actions (login required)

View Item View Item