BELMAWA, RISTEKDIKTI (2018) PANDUAN PENYUSUNAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI di ERA INDUSTRI 4.0 (2019). Documentation. DIRJEN BELMAWA DIKTI, Jakarta, Indonesia.
Preview |
Text
Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi Kemristekdikti tahun 2019.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat 2 tentang kurikulum menyebutkan bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap Program Studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), sebagaimana diatur dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 Pasal 1, menyatakan kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaran program studi. Kurikulum Pendidikan Tinggi merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan IPTEK yang dituangkan dalam Capaian Pembelajaran. Perguruan tinggi sebagai penghasil sumber daya manusia terdidik perlu mengukur lulusannya, apakah lulusan yang dihasilkan memiliki ‘kemampuan’ setara dengan ‘kemampuan’ (capaian pembelajaran) yang telah dirumuskan dalam jenjang kualifikasi KKNI. Setiap perguruan tinggi wajib menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut. Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada semua perguruan tinggi dan setiap jenis pendidikan tinggi baik akademik, vokasi dan profesi agar segera melakukan perubahan kurikulum dan meningkatkan mutu proses pembelajaran sesuai dengan SN-DIKTI, dengan harapan kelak pada gilirannya dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi dan memiliki peluang memenangkan tantangan kehidupan yang semakin kompleks di abad ke-21 ini, khususnya persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Saya menyampaikan terima kasih kepada Tim Penyusun buku panduan ini yang telah berkerja keras dengan penuh dedikasi dan kepada semua pihak yang telah memberikan masukan yang berharga, sehingga memperkaya pengetahuan serta wawasan mengenai penyusunan kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia. Akhir kata semoga buku panduan ini bermanfaat bagi perguruan tinggi dan dapat digunakan sebagai acuan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang beradab, berilmu, profesional dan kompetitif di era MEA dan global, serta berkontribusi terhadap kesejahteraan kehidupan bangsa.
Item Type: | Monograph (Documentation) |
---|---|
Subjects: | #2 Repository of Library Services > Documentation of Important Decrees (UU, PP, Permen etc) |
Divisions: | TIU-Sriwijaya University Library |
Depositing User: | TIU- Sriwijaya University Library |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 07:22 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 07:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22166 |
Actions (login required)
View Item |