ANALISIS PERBANDINGAN CYCLE TIME DUMPTRUCK SECARA TEORITIS, DAN AKTUAL PADA PENGUPASAN OVERBURDEN DI TAMBANG BATUBARA BANKO BARAT PIT 3 BUKIT ASAM Tbk, TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN

FEBRIANSYAH, BILLY and Toha, M. Taufik and Soedarmono, Djuki (2019) ANALISIS PERBANDINGAN CYCLE TIME DUMPTRUCK SECARA TEORITIS, DAN AKTUAL PADA PENGUPASAN OVERBURDEN DI TAMBANG BATUBARA BANKO BARAT PIT 3 BUKIT ASAM Tbk, TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwiajaya University.

[thumbnail of RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_02.pdf] Text
RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (755kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_03.pdf] Text
RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (706kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_04.pdf] Text
RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_05.pdf] Text
RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_06_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_07_lamp.pdf] Text
RAMA_31201_03021381520095_8864000016_0024055301_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381520095.pdf] Text
RAMA_31201_03021381520095.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021381520095_TURNITIN.pdf]
Preview
Text
RAMA_31201_03021381520095_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kegiatan penambangan pada Pit 3 Timur Banko Barat PT Bukit Asam Tbk, di terapkan sistem penambangan elektrifikasi. Dalam rangka untuk mengurangi perbedaan perhitungan cycle time secara teoritis dengan aktual, maka perlu dilakukan analisis perbandingan perhitungan cycle time secara teoritis dan aktual. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan cycle time alat angkut selanjutnya, sehingga cycle time alat angkut yang direncanakan sesuai dengan kondisi aktual. Penambangan elektrifikasi disebut juga dengan penambangan swakelola yaitu penambangan yang dikerjakan dan dikelola oleh suatu perusahaan itu sendiri. Salah satu variabel yang mempengaruhi produksi adalah cycle time. Dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan cycle time alat angkut selanjutnya, sehingga cycle time alat angkut yang direncanakan sesuai dengan kondisi aktual. Peneliatian ini menggunakan dumptruck tipe rigid truck bellaz 75135 untuk pengangkutan overburden dengan kapasitas 150 ton. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa cycle time alat angkut RT Bellaz 71385 teoritis lebih cepat dibandingkan dengan aktual. Pada fleet 3005 teoritis lebih cepat 6,73 menit atau hanya teralisisasikan 34%, di fleet 3006 cycle time teoritis lebih cepat 4,6 menit, atau 35% lebih cepat, di fleet 3007 cycle time teoritis lebih cepat 8,61 menit atau hanya terealisasikan 48%. Hal ini disebabkan antara lain: asumsi penggunaan data rolling resistance, geometri jalan, jumlah traffic dumptruck, jarak angkut, dan tipe dumptruck yang digunakan. Berdasarkan kemampuan kerja optimal alat gali muat dan alat angkut dengan mengasumsikan efisiensi kerja yang digunakan, seharusnya target produksi pengupasan overburden di Pit 3 timur dapat tercapai. Produksi aktual yang dihasilkan alat mekanis yakni 912.585.390, 82% dari target yang telah ditentukan yaitu 1.100.000.00 bcm/bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cycle time, Rimpull, Kemiringan jalan, Produksi
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN331-347 Mine transportation, haulage and hoisting. Mining machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: Users 3779 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:50
Last Modified: 23 Dec 2019 03:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22175

Actions (login required)

View Item View Item