Apresiasi Cerpen Sekar dan Gadisnya dan Persepsi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya terhadap Pentingnya Sastra dalam Mengembangkan Karakter

Inderawati, Rita and Hamid, Erlina and Masri, Ali and Ansori, Ansori (2011) Apresiasi Cerpen Sekar dan Gadisnya dan Persepsi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya terhadap Pentingnya Sastra dalam Mengembangkan Karakter. In: Prosiding Seminar Nasional BKS-PTN WIB. BKS-PTN. ISBN 979-3647-05-10

[thumbnail of RITA_INDERAWATI_Apresiasi_Cerpen_Sekar_dan_Gadisnya__dan_Persepsi_Mahasiswa_Fakultas_Hukum_Universitas_Sriwijaya.pdf]
Preview
Text
RITA_INDERAWATI_Apresiasi_Cerpen_Sekar_dan_Gadisnya__dan_Persepsi_Mahasiswa_Fakultas_Hukum_Universitas_Sriwijaya.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, pembelajaran sastra diajarkan hanya sampai sekolah menengah atas pada pelajaran bahasa dan sastra saja. Ketika melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, tidak ada kesempatan bagi mahasiswa untuk mengapresiasi karya sastra kecuali atas inisiatif sendiri sebagai bagian dari kegemaran membaca. Apresiasi karya sastra menjadi eksklusif bagi mahasiswa yang bergelut di bidang sastra murni atau pendidikan bahasa dan seni. Sementara itu, sastra menjadi bagian penting dalam pembelajaran sastra itu sendiri maupun non-sastra dan menjadi mata pelajaran wajib mahasiswa S1 berbagai fakultas di mancanegara. Apresiasi karya sastra dapat menjadi gizi bagi pengembangan aspek kognitif, afektif dan pengendali arogansi pengetahuan mahasiswa. Masalah yang diangkat dalam makalah riset ini adalah bagaimana mahasiswa mengapresiasi karya sastra dan apa persepsi mereka terhadap pentingnya sastra dalam mengembangkan karakter. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif terhadap 31 mahasiswa semester pertama Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya ditemukan bahwa (1) mahasiswa dapat mengidentifikasi karakter baik dari tokoh protagonis dan karakter jahat dari tokoh antagonis, memberi argumentasi terhadap peristiwa penting dalam cerita, menyertakan perasaannya ke dalam diri tokoh cerita, serta menghubungkan isi cerita ke dalam kehidupan nyata dan (2) kegiatan apresiasi sastra di jurusan dan fakultas non bahasa dapat dikategorikan sangat baik (96.2%) ditunjukkan oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya terhadap isi instrumen apresiasi sastra

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: apresiasi, persepsi, cerpen, pentingnya sastra, karakter
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88203-English Linguistics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:06
Last Modified: 17 Jan 2020 03:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22569

Actions (login required)

View Item View Item