Bioaktivitas Formulasi Padat Beauveria bassiana (Balsamo) Vuill. dari Tanah Rawa terhadap Nimfa Aphis gossypii (Glover) (Homoptera: Aphididae)

Thalib, Rosdah and Firmansyah, Firmansyah and Adam, Triani and Mazid, Abdul and Herlinda, Siti (2013) Bioaktivitas Formulasi Padat Beauveria bassiana (Balsamo) Vuill. dari Tanah Rawa terhadap Nimfa Aphis gossypii (Glover) (Homoptera: Aphididae). In: Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal. Unsri Press. ISBN 979-587-501-9

[thumbnail of Rosdah_Thalib_Bioaktivitas_Formulasi_Padat_Beauveria_bassiana.pdf]
Preview
Text
Rosdah_Thalib_Bioaktivitas_Formulasi_Padat_Beauveria_bassiana.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

enelitian laboratorium ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi bioinsektisida formulasi padat berbahan aktif konidia B. bassiana terhadap mortalitas dan LT50 nimfa A. gossypii. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 9 perlakuan dan 5 ulangan pada masing-masing formulasi bioinsektisida. Bioinsektisda disemprotkan di atas permukaan tanah. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi bioinsektisida formulasi padat berbahan aktif konidia B. bassiana berpengaruh terhadap mortalitas dan LT50 nimfa A. gossypii. Mortalitas nimfa A. gossypii tertinggi pada media pembawa Beras+Kompos Kering. Nilai LT50 nimfa A. gossypii yang diaplikasi bioinsektisida dengan bahan pembawa beras + abu sekam dengan penaburan pada permukaan tanah relatif lebih singkat (2,20 hari). Analisis regresi pada bahan pembawa beras + abu sekam Y = -2,08+0,94 X menunjukan bahwa semakin banyak formulasi yang ditaburkan akan semakin tinggi konsentrasi konidia jamur B. bassiana maka semakin pendek waktu yang dibutuhkan untuk mematikan sebanyak 50% dari nimfa A. gossypii yang diuji.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: formulasi padat, Beauveria bassiana, Aphis gossypii
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54295-Plant Protection (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:06
Last Modified: 17 Jan 2020 03:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22571

Actions (login required)

View Item View Item