Model Seni Pertunjukan Sastra Lokal Dalam Pembelajaran Sastra: Upaya Menciptakan Industri Kreatif Di Sumatera Selatan

Inderawati, Rita Model Seni Pertunjukan Sastra Lokal Dalam Pembelajaran Sastra: Upaya Menciptakan Industri Kreatif Di Sumatera Selatan. In: Prosiding Seminar Internasional 1 Forkibrasta. Forkibrastra. ISBN 978-979-069-004-2

[thumbnail of RITA_INDERAWATI_-_MODEL_SENI_PERTUNJUKAN_SASTRA_LOKAL_DALAM_PEMBELAJARAN_SASTRA.pdf]
Preview
Text
RITA_INDERAWATI_-_MODEL_SENI_PERTUNJUKAN_SASTRA_LOKAL_DALAM_PEMBELAJARAN_SASTRA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (447kB) | Preview

Abstract

Makalah yang berbasis riset ini mengangkat cerita rakyat Sumatera Selatan dalam pembelajaran yang lebih kreatif dengan mengolaborasikan respons pembaca dan simbol visual untuk menciptakan suatu kreativitas seni pertunjukan sastra lokal yang secara nyata mampu mendukung industri kreatif dan perekonomian Indonesia meskipun baru berkontribusi 0,15%. Temuan-temuan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: (1) berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata postes mahasiswa di prodi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris mengalami peningkatan yang signifikan setelah model pembelajaran seni pertunjukan sastra lokal dalam mengembangkan apresiasi sastra mahasiswa dan mendukung industri kreatif di Sumatra Selatan diterapkan; (2) untuk mengetahui aspek-aspek yang mempengaruhi mahasiswa dalam mengapresiasi sastra lokal digunakan angket khusus yaitu LRQ yang terdiri atas aspek: personal insight, non personal insight, insight combined, imagery vividness, empathy, leisure escape, concern with author, dan rejection of literary values. Dari ke tujuh aspek, yang sangat mempengaruhi mahasiswa bahasa Inggris adalah empati (18%) dan prodi bahasa Indonesia adalah aspek concern with author (27,8%). Bila ditinjau dari keunggulan model pembelajaran ini, maka perlu diupayakan penyebarluasan penerapan model di berbagai jenjang pendidikan. Pembelajaran sastra yang bersudut pandang estetik dengan berorientasi pada respons simbol visual dan respons pembaca dapat mengembangkan apresiasi sastra mahasiswa dengan cara mengeksplorasi nilai intrinsik sastra lokal. Dengan terciptanya model pembelajaran seni pertunjukan sastra lokal, diharapkan guru di seluruh jenjang pendidikan dapat menerapkan model ini dengan memanfaatkan cerita-cerita rakyat yang lain dan menciptakan seni-seni pertunjukan lainnya untuk memperkaya khasanah industri kreatif di Sumatera Selatan khususnya dan Indonesia umumnya.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: seni pertunjukan, sastra lokal, industri kreatif
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88203-English Linguistics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:51
Last Modified: 17 Jan 2020 03:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22619

Actions (login required)

View Item View Item