Pengembangan Kualitas Pembelajaran Sastra sebagai Seni Bahasa dalam Menggali Nilai-nilai Budaya di Perguruan Tinggi

Inderawati, Rita (2003) Pengembangan Kualitas Pembelajaran Sastra sebagai Seni Bahasa dalam Menggali Nilai-nilai Budaya di Perguruan Tinggi. Bahasa dan Sastra, 3 (4). pp. 297-302. ISSN 1412-0712

[thumbnail of Pengembangan Kualitas Pembelajaran Sastra.]
Preview
Image (Pengembangan Kualitas Pembelajaran Sastra.)
Pengembangan-kualitas-pembelajaran-sastra.jpg
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sastra telah diperlakukan secara kurang adil di seluruh jenjang pendidikan. Seiring dengan penyataan itu, muncul asumsi yang memposisikan sastra semakin terpojokkan bahwa sastra hanya merupakan mata kuliah/pelajaran hafalan untuk memperoleh kesenangan, bahwa sastra tidak mampu meningkatkan kompetensi berbahasa mahasiswa, padahal sastra berpeluang besar untuk hal tersebut. Sudah selayaknya sastra diberi porsi yang cukup besar dan akan lebih bermakna bila diajarkan secara berdampingan dengan bahasa dan linguistik. Secara spesifik, makalah ini mengupas masalah pembelajaran sastra di perguruan tinggi selama ini, perspektif budaya sebagai salah satu perspektif dalam mengidentifikasi sastra dan pengembagan kualitas pembelajaran sastra berdasarkan hasil riset terkini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, sastra, seni bahasa
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88203-English Linguistics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:49
Last Modified: 17 Jan 2020 03:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22636

Actions (login required)

View Item View Item