Sistem Pemantauan Ketinggian Permukaan Air Berbasis Mikrokontroler Basic Stamp-2 Menggunakan Memory Stick Sebagai Penyimpan Data

Saleh, Khairul and Fauziyah, Fauziyah and Hadi, Hadi and Supriyadi, Freddy Sistem Pemantauan Ketinggian Permukaan Air Berbasis Mikrokontroler Basic Stamp-2 Menggunakan Memory Stick Sebagai Penyimpan Data. Discussion Paper. FMIPA Universitas Lampung.

[thumbnail of Khairul_Saleh_-_SISTEM_PEMANTAUAN_KETINGGIAN_PERMUKAAN_AIR_BERBASIS_MIKROKONTROLER.pdf]
Preview
Text
Khairul_Saleh_-_SISTEM_PEMANTAUAN_KETINGGIAN_PERMUKAAN_AIR_BERBASIS_MIKROKONTROLER.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Alat pemantauan ketinggian permukaan air ini dirancang untuk memantau ketinggian air. Sensor yang digunakan adalah sensor ultrasonik yang dapat mengukur jarak maksimum hingga 300 cm dengan resolusi 1 cm. Berat total alat yang dirancang lebih kurang 0,7 kilogram. Cara kerja alat ini yaitu mikrokontroller di aktifkan dengan tegangan 5V dari sumber tegangan dan melakukan instruksi dari software yang telah di desain. Sensor ultrasonik memancarkan gelombang ultrasonik melalui transmitter sesuai dengan kontrol mikrokontroller dengan kecepatan di udara 344 m/s, mengenai objek dan memantul kembali menuju receiver. Sensor mengeluarkan pulsa output high pada pin SIG setelah memancarkan gelombang ultrasonik dan setelah gelombang terdeteksi sensor ultrasonik akan membuat output low pada pin SIG. Lebar pulsa high akan sesuai dengan lama waktu tempuh gelombang ultrasonik untuk 2 kali jarak ukur dengan objek. Lebar pulsa minimum adalah 115 \ensuremathμs dan pulsa maksimumnya 18,5 ms. Jarak yang didapatkan kemudian akan disimpan di dalam flashdisk dan ditampilkan pada monitor apabila masih terhubung. Alat ini mampu memantau selama 24 jam dan menyimpan data maksimum 65535 data. Pada pengujian ini terdapat perbandingan antara pengukuran secara manual dan menggunakan alat dengan kesalahan maksimum 6.34 %, dan presisi minimum 92.01 %.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 54241-Marine Science (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:52
Last Modified: 17 Jan 2020 03:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22663

Actions (login required)

View Item View Item